Pengertian Google Dork, jenis dan Fungsinya


Dalam dunia Hacking seringkali kita mendapati kata Dork, Dorking, Google Dork. bagi para pemula pasti bingung apa maksud dari Dork, maka dari itu kali ini saya akan membahas apa itu Google Dork.

Pengertian Google Dork
Google Dork merupakan teknik mencari kelemahan atau celah dalam website dengan mengandalkan mesin telusur atau biasa disebut search engine seperti Google, Bing, Yahoo Yandex dan lain-lain

untuk mencari kelemahan web melalui mesin telusur atau search engine, para peretas seringkali menggunakan google dork yang mereka buat sendiri.

cara menggunakan teknik ini sangat mudah. seperti menggunakan search engine  pada umumnya hanya saja menggunakan kata kunci khusus.

search engine yang sering digunakan dalam teknik ini adalah Google, karena google search engine terbesar dan hasilnya lebih lengkap.

Fungsi Google Dork
berikut fungsi Google Dork
-untuk mencari celah website
-untuk mencari file-file supaya lebih tepat dan akurat
-untuk mencari kata dengan domain yang diinginkan

Jenis-Jenis Google Dork
Berikut jenis-jenis google dork
1. (inurl:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: inurl:hacking
penggunaan kata ini akan menghasilkan pelacakan dimana URL website berisi kata  "hacking". penggunaan kata ini harus disertai titik dua disambung dengan kata kunci. contoh suatu URL: https://www.techopedia.com/definition/26361/hacking.

2. (allinurl:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: allinurl:exploit
google akan melakukan pelacakan pada halaman-halaman yang URL-nya memiliki kata "exploit". hampir sama seperti inurl: bedanya ini bersifat universal (umum). contoh suatu URL: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/exploit.

3. (intext:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: intext: indonesia
hasil dari pencarian dengan tersebut akan menghasilkan halaman-halaman web yang memiliki kata indonesia baik pada judul maupun deskripsi.

4.(intitle:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: intitle:programmer
penggunaan perintah ini akan menghasilkan halaman web yang memiliki judul programmer.

5. (site:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: sejarah internet site:id
hasil pencarian akan menampilkan akan menampilkan semua web yang berdomain id yang terkait dengan sejarah internet , baik pada judul maupun deskripsi yang ada di halaman. peletakan site: biasanya berada di belakang kata kunci. maksud dari site adalah domain, tidak hanya id ada banyak domain seperti uk, in, dan lain-lain.

6. (filetype:) disertai titik dua tanpa spasi
contoh: internet filetype:pdf
perintah tersebut biasanya untuk mendownload suatu file dengan lebih tepat dan akurat, sesuai jenis file yang diinginkan. jika menggunakan perintah "internet filetype:pdf" maka akan muncul ebook internet, sesuai dengan type file yang akan diinginkan. seperti pdf, docx, txt dan lain-lain

itulah beberapa jenis perintah google dork. untuk menyajikan halaman yang tepat dan akurat anda bisa menggabungkan beberapa perintah google dork. berikut cara menggabungkannya

untuk mencari URL yang berisi kata "admin" dan halaman memiliki kata masuk dengan domain indonesia, maka gunakan perintah ini inurl:admin intext:masuk site:id.

nah itulah salah satu cara menggabungkan perintah google dork, anda bisa mengembangkannya lagi.





0 Response to "Pengertian Google Dork, jenis dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel